SELAMAT DATANG

24 Februari 2010

Perbedaan Konversi Sistem Informasi dengan Evaluasi Sistem Informasi


Konversi Sistem (beralih ke sistem yang baru)

        Konversi sistem merupakan tahapan yang digunakan untuk mengoperasikan sistem baru dalam rangka menggantikan sistem yang lama. Proses konversi sistem yang dilakukan menggunakan pendekatan konversi percontohan (pilot approach) dengan menerapkan sistem yang diusulkan pada bagian kepegawaian terlebih dahulu sambil dinilai operasinya dalam bagian tersebut. Apabila sistem yang baru dianggap telah dapat beroperasi dengan baik, maka penerapan sistem akan dilanjutkan pada bagian yang ain. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk:
1) Menghindari resiko kegagalan hanya pada bagian tertentu;
2) Memperbaiki kesalahan yang terjadi dengan segera bila ditemukan kesalahan, untuk menghindari kesalahan terjadi di bagian yang lain;
3) Melatih personil di bagian lain pada bagian percontohan dalam situasi nyata sebelum sistem diterapkan pada situasi kerjanya.

Adapun tahap-tahap konversi yang akan dilakukan antara lain:
a. Konversi dokumen dasar, dengan mengganti dokumen dasar lama yang tidak sesuai lagi dengan input sistem informasi dengan dokumen dasar yang baru untuk sistem baru.
b. Konversi file, dilakukan secara manual dengan cara mencetak isi file lama ke media kertas terlebih dahulu dan dimasukkan ulang ke file baru lewat media input, yaitu keyboard.
c. Pengoperasian sistem yang baru dilakukan setelah 2 konversi di atas selesai dilakukan.

Evaluasi Sistem

         Evaluasi sistem dilakukan setelah sistem yang baru diimplementasikan. Kegiatan ini dilakukan dengan mengadakan pengetesan penerimaan sistem (systems acceptance test), menggunakan data-data yang sesungguhnya untuk jangka waktu tertentu. Pengetesan dilakukan oleh analis sistem bersama user. Jika hasil dari pengetesan sistem ini dapat diterima atau disetujui, maka sistem dapat diserahkan kepada user. Namun jika sistem masih perlu diperbaiki kembali, maka sistem diperbaiki terlebih dahulu sebelum akhirnya diserahkan. Tugas analis sistem dapat dikatakan selesai bila penyerahan sistem terjadi.